Tuesday, April 30, 2013

Masuk dan Berkembangnya Agama Hindu-Budha di Indonesia



URAIAN MATERI
Teori Penyabaran Agama Hindu dan Budha ke Indonesia

 

Agama Hindu dan Budha berasal dari India.Agama Budha disebarluaskan ke Indonesia oleh para bhiksu, sedangkan mengenai pembawa agama Hindu ke Indonesia terdapat 4 teori sebagai berikut :
  1. ·         Teori Brahmana (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para brahmana)
  Hipotesis ini mengungkapkan bahwa kaum brahmana amat berperan dalam upaya penyebaran budaya Hindu di Indonesia. Para brahmana mendapat undangan dari penguasa Indonesia untuk menobatkan raja dan memimpin upacara-upacara keagamaan. Pendukung hipotesis ini adalah Van Leur.

     2.                 Teori ksatria (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para ksatria)
    Pada hipotesis ksatria, peranan penyebaran agama dan budaya Hindu dilakukan oleh kaum ksatria. Menurut hipotesis ini, di masa lampau di India sering terjadi peperangan antargolongan di dalam masyarakat. Para prajurit yang kalah atau jenuh menghadapi perang, lantas meninggalkan India. Rupanya, diantara mereka ada pula yang sampai ke wilayah Indonesia.



Mereka inilah yang kemudian berusaha mendirikan koloni-koloni baru sebagai tempat tinggalnya. Di tempat itu pula terjadi proses penyebaran agama dan budaya Hindu. F.D.K. Bosch adalah salah seorang pendukung hipotesis ksatria.

·             3.             Teori waisya (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para pedagang yang berkasta waisya)
     Menurut para pendukung hipotesis waisya, kaum waisya yang berasal dari kelompok pedagang telah berperan dalam menyebarkan budaya Hindu ke Nusantara. Para pedagang banyak berhubungan dengan para penguasa beserta rakyatnya. Jalinan hubungan itu telah membuka peluang bagi terjadinya proses penyebaran budaya Hindu. N.J. Krom adalah salah satu pendukung dari hipotesis waisya.
·         Teori Arus Balik. Menurut teori ini, yang pertama kali datang ke Indonesia adalah mereka yang memiliki semangat untuk menyebarkan Hindu-Buddha, yaitu para intelektual yang ikut menumpang kapal-kapal dagang. Setelah tiba di Indonesia, mereka menyebarkan ajarannya. Karena pengaruhnya itu, ada di antara tokoh masyarakat yang tertarik untuk mengikuti ajarannya tersebut. Pada perkembangan selanjutnya banyak orang Indonesia sendiri yang pergi ke India untuk berkunjung dan belajar agama Hindu-Buddha di India. Sekembalinya di Indonesia, merekalah yang mengajarkannya kepada masyarakat Indonesia yang lain.







RANGKUMAN :
Teori penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia:
*      Teori Brahmana (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para brahmana)
Golongan ini  datang ke Indonesia dengan dua cara, yaitu ikut bersama para pedagang dengan tujuan menyebarkan agama atau undangan oleh para raja, untuk mengajar agama dan meningkatkan taraf kehidupan negerinya.
*      Teori ksatria (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para ksatria)
Teori ksatria menyatakan bahwa masuknya kebudayaan India ke Indonesia disebabkan adanya proses kolonisasi di wilayah India oleh orang-orang India.
*      Teori waisya (masuknya agama Hindu disebarkan oleh para pedagang yang berkasta waisya)
Teori ini memperkirakan adanya proses bertemu lewat perdagangan. Selain faktor ketertarikan, mungkin juga adanya perkawinan antara para pedagang dengan para penduduk pribumi sehingga para pasangannya mengikuti agama suami atau istri.
*      Teori Arus Balik
      Menurut teori ini, yang pertama kali datang ke Indonesia adalah mereka yang memiliki semangat untuk menyebarkan Hindu-Buddha, yaitu para intelektual yang ikut menumpang kapal-kapal dagang.





tT





 

No comments:

Post a Comment