RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
Mata
Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester : X1IPA (Sebelas
IPA) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : 1.
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
negara
tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara
kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 1.1Menganalisis
perkembangan negara
Tradisional
(Hindu-Buddha, dan Islam) di Indonesia
Indikator
Pencapaian Kompetensi : - Menguraikan jalur masuknya agama Hindu-
Budha di Indonesia
-
Menguraikan teori penyebaran agama
Hindu-Budha di Indonesia
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Memahami berbagai hipotesis tentang jalur
masuk agama Hindu-Buddha di Indonesia
-
Memahami berbagai teori penyabaran agama
Hindu-Buddha di Indonesia
-
Mendiskripsikan berkembangnya tradisi
dan ajaran Hindu-Budha di Indonesia
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
-
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi
Pembelajaran
- Jalur
masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia
- Teori
masuk agama Hindu-Buddha ke Indonesia
- Perkembangan
agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,
diskusi, life skills, pemberian tugas
D.
Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
- Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
- Buku
sumber Sejarah SMA
- Buku-buku
penunjang yang relevan
- LCD
- Internet
StrategiPembelajaran
TatapMuka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
perjalanan bangsa Indonesia darinegara tradisional, kolonial, pergerakan
kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
|
·
Menguraikan
teori penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia
|
·
Menguraikan jalur masuknya
agama Hindu-Budha di Indonesia
|
E. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian
mengabsen.
·
Guru memberikan motivasi mengenai materi
yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru menjelaskan proses awal penyebaran
agama Hindu-Buddha di Indonesia secara garis besar.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras,
Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Penugasan secara individu, siswa mencari
proses awal jalur penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia dari berbagai sumber.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·
Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan
siswa dari berbagai sumber dan mencermati teori masuk agama Hindu-Buddha di
Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·
Bersama-sama (guru dan siswa) membahas
tentang tradisi dan kebudayaan agama Hindu-Buddha yang masuk di Indonesia
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·
Bersama-sama mendiskusikan perkembangan
agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan
Penutup
a) Bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
b) Guru
memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Perkembangan agama
Hindu-Buddha di Indonesia”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
F.
Penilaian
-
Penilaian untuk tugas karangan mencari jalur
dan teori masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia dari berbagai sumber.
-
Penilaian untuk keaktifan siswa dalam
berdiskusi mengenai perkembangan agama Hindu-Buddha di Indonesia.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik
Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
||||
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
||||
Isi menunjukkan penjelasan dari
kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
||||
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Penutup disajikan dengan bahasa
yang baik
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Rubrik Penilaian
Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
||||
Kemampuan melakukan analisis
|
||||
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam diskusi
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
Mata
Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester : X1 IPA
(Sebelas IPA) /1 (Satu)
Standar
Kompetensi : 1.
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
negara tradisional,
kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menganalisis perkembangan negara
Tradisional
(Hindu-Buddha, dan Islam) di Indonesia
Indikator
Pencapaian Kompetensi : - Mendiskripsikan
Kerajaan-kerajaan Hindu
Budha di Indonesia
- Mendiskripsikan peninggalan-peninggalan
Kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengetahui berbagai kerajaan yang
bercorak Hindu-Buddha di Indonesia
-
Mampu menjelaskan berbagai peninggalan
dari kerajaan-kerajaan tersebut yang terdapat di lingkungan sekitarnya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
- Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
- Kerja keras, jujur, saling menghargai
orang lain, inovatif
B. Materi Pembelajaran
- Kerajaan yang bercorak agama Hindu-Buddha di Indonesia
- Kehidupan masyarakat pada masa kerajaan
Hindu-Buddha
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
- Buku sumber Sejarah SMA
- Buku-buku penunjang yang relevan
- LCD
- Internet
Strategi Pembelajaran
TatapMuka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
perjalanan bangsa Indonesia darinegara tradisional, kolonial, pergerakan
kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
|
·
Mendiskripsikan
Kerajaan-kerajaan HinduBudha di Indonesia
|
·
Mendiskripsikan
peninggalan-peninggalanKerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
E. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Pendahuluan
• Apersepsi: guru menyapa siswa,
kemudian mengabsen.
• Guru memberikan motivasi mengenai
materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
• Guru menjelaskan proses awal
penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia secara garis besar.
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
• Penugasan secara individu, siswa
mencari proses awal jalur penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia dari
berbagai sumber.
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
• Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan
siswa dari berbagai sumber dan mencermati teori masuk agama Hindu-Buddha di
Indonesia.
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
• Bersama-sama (guru dan siswa)
membahas tentang tradisi dan kebudayaan agama Hindu-Buddha yang masuk di
Indonesia
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
• Bersama-sama mendiskusikan
perkembangan agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
1.
2 Membandingkan perkembangan masyarakat
Indonesia di bawah penjajahan : dari masa VOC sampai pemerintahan Hindia
Belanda, Inggris sampai Pemerintahan
Pendudukan Jepang
1.3 Menganalisis proses kalahiran dan
perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4 Menganalisis terbentuknya negara kebangsaan
Indonesia
- Mendiskripsikan Kerajaan-kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia
- Mendiskripsikan
peninggalan-peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
- Menguraikan saluran penyiaran agama
islam di Indonesia
- Menguraikan sumber-sumber pendukung
masuknya islam di Indonesia
- Mendiskripsikan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia
- Menguraikan peninggalan-peninggalan
kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia
- Mengetahui berbagai kerajaan yang
bercorak Hindu-Buddha di Indonesia
- Memahami proses dan berkembangnya
tradisi dan ajaran islam di Indonesia
- Mengetahui berbagai kerajaan yang
bercorak Islam di Indonesia
- Mampu menjelaskan berbagai
peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut yang terdapat di lingkungan
sekitarnya
No comments:
Post a Comment