Sunday, April 28, 2013

RPP Masuk dan Berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                                   :
Mata Pelajaran                                    : Sejarah
Kelas/Semester                                    : X1IPA (Sebelas IPA) /1 (Satu)
Standar Kompetensi                           : 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Kompetensi Dasar                               : 1.1Menganalisis perkembangan negara
Tradisional (Hindu-Buddha, dan Islam) di Indonesia

Indikator Pencapaian Kompetensi      : -    Menguraikan jalur masuknya agama Hindu-
Budha di Indonesia
-          Menguraikan teori penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia
Alokasi Waktu                                    : 1 x 45 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-            Memahami berbagai hipotesis tentang jalur masuk agama Hindu-Buddha di Indonesia
-            Memahami berbagai teori penyabaran agama Hindu-Buddha di Indonesia
-            Mendiskripsikan berkembangnya tradisi dan ajaran Hindu-Budha di Indonesia
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
-          Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :
-          Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.       Materi Pembelajaran
-     Jalur masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia
-     Teori masuk agama Hindu-Buddha ke Indonesia
-     Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
C.      Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas

D.      Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-     Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-     Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-     Buku sumber Sejarah SMA
-     Buku-buku penunjang yang relevan
-     LCD
-     Internet

StrategiPembelajaran

TatapMuka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia darinegara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

·      Menguraikan teori penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia

·         Menguraikan jalur masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan proses awal penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia secara garis besar.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara individu, siswa mencari proses awal jalur penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia dari berbagai  sumber.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari berbagai sumber dan mencermati teori masuk agama Hindu-Buddha di Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·         Bersama-sama (guru dan siswa) membahas tentang tradisi dan kebudayaan agama Hindu-Buddha yang masuk di Indonesia
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·         Bersama-sama mendiskusikan perkembangan agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)


3.      Kegiatan Penutup
a)      Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. 
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
b)      Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Perkembangan agama Hindu-Buddha di Indonesia”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari jalur dan teori masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia dari berbagai sumber.
-          Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan agama Hindu-Buddha di Indonesia.

Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                                   :
Mata Pelajaran                                    : Sejarah
Kelas/Semester                                    : X1 IPA (Sebelas IPA)  /1 (Satu)
Standar Kompetensi                           : 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Kompetensi Dasar                               : 1.1   Menganalisis perkembangan negara
Tradisional (Hindu-Buddha, dan Islam) di Indonesia

Indikator Pencapaian Kompetensi      : - Mendiskripsikan Kerajaan-kerajaan Hindu
Budha di Indonesia
  - Mendiskripsikan peninggalan-peninggalan
Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia 
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-        Mengetahui berbagai kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia
-        Mampu menjelaskan berbagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut yang terdapat di lingkungan sekitarnya
·         Karakter siswa yang diharapkan  :
-       Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :
-       Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif

B.     Materi Pembelajaran
-    Kerajaan yang bercorak  agama Hindu-Buddha di Indonesia
-    Peninggala- peninggalan  agama Hindu-Buddha ke Indonesia
-    Kehidupan masyarakat pada masa kerajaan Hindu-Buddha

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-    Buku sumber Sejarah SMA
-    Buku-buku penunjang yang relevan
-    LCD
-    Internet

Strategi Pembelajaran

TatapMuka
Terstruktur
Mandiri
·      Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia darinegara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

·     Mendiskripsikan Kerajaan-kerajaan HinduBudha di Indonesia
·      Mendiskripsikan peninggalan-peninggalanKerajaan Hindu-Buddha di Indonesia 

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
           Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
           Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.         Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
           Guru menjelaskan proses awal penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia secara garis besar.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
           Penugasan secara individu, siswa mencari proses awal jalur penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia dari berbagai  sumber.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari berbagai sumber dan mencermati teori masuk agama Hindu-Buddha di Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
           Bersama-sama (guru dan siswa) membahas tentang tradisi dan kebudayaan agama Hindu-Buddha yang masuk di Indonesia
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
           Bersama-sama mendiskusikan perkembangan agama Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)


1. 2   Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan : dari masa VOC sampai pemerintahan Hindia Belanda, Inggris sampai Pemerintahan  Pendudukan Jepang
1.3  Menganalisis proses kalahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4  Menganalisis terbentuknya negara kebangsaan Indonesia


-           Mendiskripsikan Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
-           Mendiskripsikan peninggalan-peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
-           Menguraikan saluran penyiaran agama islam di Indonesia
-           Menguraikan sumber-sumber pendukung masuknya islam di Indonesia
-           Mendiskripsikan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
-           Menguraikan peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia


-           Mengetahui berbagai kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia
-           Memahami proses dan berkembangnya tradisi dan ajaran islam di Indonesia
-           Mengetahui berbagai kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia
-           Mampu menjelaskan berbagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut yang terdapat di lingkungan sekitarnya


No comments:

Post a Comment

Post a Comment